Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106262| Title: | Penerapan SEM-PLS untuk Mengevaluasi Faktor yang Memengaruhi Indeks Pembangunan Manusia. |
| Other Titles: | Application of SEM-PLS to Evaluate Factors Influencing the Human Development Index |
| Authors: | Masjkur, Mohammad Sulvianti, Itasia Dina Salsabila, Radha Syifa |
| Issue Date: | 2020 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur seberapa besar keberhasilan suatu negara dalam membangun kualitas hidup manusia. Faktor penunjang kualitas IPM di Indonesia adalah bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Mengetahui hubungan antar peubah laten dan hubungan antara peubah laten dengan masing-masing indikatornya dapat dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Namun demikian diperlukan asumsi kenormalan data. Structural Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) merupakan solusi untuk asumsi kenormalan data serta tidak mensyaratkan banyaknya minimum contoh. Penelitian ini menggunakan data BPS 2018 yang terdiri dari 4 peubah laten yaitu IPM, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, dengan 18 indikator dari 34 provinsi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh indikator peubah laten pendidikan, ekonomi, serta kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan data provinsi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peubah laten pendidikan, ekonomi, serta kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Model yang diuji sudah cukup baik dalam menjelaskan keragaman dari peubah laten Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan nilai evaluasi 𝑄��2 sebesar 71,9%. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106262 |
| Appears in Collections: | UT - Statistics and Data Sciences |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| G14160043_RADHA SYIFA SALSABILA.pdf Restricted Access | Fullteks | 11.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.