Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105733
Title: Keefektifan Tetragonula laeviceps (Apidae: Meliponinae) dan Serangga Penyerbuk Lain dalam Penyerbukan Tanaman Cabai dan Estimasi Nilai Ekonominya.
Other Titles: The Effectiveness of Tetragonula laeviceps (Apidae: Meliponinae) and Other Pollinating Insects in Chili Crop Pollination and Estimating Their Economic Value
Authors: Nurmansyah, Ali
Mubin, Nadzirum
Rohmah, Atia
Issue Date: 2020
Publisher: IPB university
Abstract: Tingkat produksi tanaman cabai sangat dipengaruhi oleh proses penyerbukan tanaman tersebut baik secara alami maupun buatan. Penyerbukan secara alami umumnya terjadi melalui bantuan serangga penyerbuk yang salah satunya adalah lebah Tetragonula laeviceps. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh lebah T. laeviceps dan serangga penyerbuk lainnya terhadap kualitas dan kuantitas buah cabai dan mengestimasi nilai ekonomi penyerbukan serta mengamati aktivitas T. laeviceps dalam proses penyerbukan. Penelitian dilakukan menggunakan percobaan lapangan dengan 3 perlakuan penyerbukan, yaitu penyerbukan dengan bantuan T. laeviceps dan serangga penyerbuk liar serta angin (open pollination/OP), penyerbukan dengan angin (wind pollination/WP), dan penyerbukan sendiri (self pollination/SP). Estimasi nilai ekonomi penyerbukan dihitung dengan pendekatan bio-ekonomi berdasarkan tingkat ketergantungan tanaman terhadap penyerbukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyerbukan terbuka mampu meningkatkan pembentukan buah, bobot buah, panjang buah, seed set, dan bobot biji, namun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap diameter dan daya simpan buah. Nilai ekonomi dari penyerbukan dengan bantuan T. laeviceps dan serangga penyerbuk lainnya sebesar 18 kali lipat dari penyerbukan sendiri (SP) dan 10 kali lipat dari penyerbukan dengan bantuan angin (WP). Aktivitas masuk dan keluar lebah mencapai puncak pada interval waktu 09.00 – 12.00.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105733
Appears in Collections:UT - Plant Protection

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A34160096_ATIA ROHMAH.pdf
  Restricted Access
Fulltext14.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.