Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105691
Title: Analisis Willingness to Pay Ibu Rumah Tangga Kabupaten Bogor Terhadap Daging Sapi Bersertifikat Halal
Other Titles: The Willingness to Pay Analysis of Bogor Regency Housewives Against Certified Halal Beef
Authors: Wiliasih, Ranti
Nursyamsiah, Tita
Larezka, Rai
Issue Date: 2021
Publisher: IPB University
Abstract: Permintaan masyarakat Indonesia terhadap daging sapi dan olahannya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai dan faktor yang memengaruhi Willingness to Pay Ibu rumah tangga di Kabupaten Bogor terhadap daging sapi yang telah memiliki sertifikat halal. Objek penelitian ini adalah Ibu rumah tangga yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikasi halal, frekuensi pembelian, dan pendapatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan Contingent Valuation Methods. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rataan (EWTP) kesediaan konsumen terhadap daging sapi bersertifikat halal adalah sebesar Rp 15 260. Variabel pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikat halal, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya nilai Willingness to Pay daging sapi bersertifikat halal, sedangkan variabel frekuensi pembelian tidak memiliki pengaruh yang signifikan.
The demand of Indonesian people for beef and its processed products has increased in specified years. This study aims to determine the value and factors that influence Wilingness to Pay for housewives in Bogor Regency towards beef that has halal certificates. The object of this research is housewifes who live in Bogor Regency. The variables used in this study are knowledge of halal meat, concern for halal certification, frequency of purchase, and income. The analysis method used in this study is multiple linear regression analysis and Contingent Valuation Methods. The results of this study indicate that the average value (EWTP) of consumers' willingness to pay for halal certified beef is IDR 15 260. Knowledge about halal meat, concern for halal certificates, and income have a positive and significant effect on the value of Willingness to Pay for halal certified beef, while the purchase frequency variable does not have a significant effect.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105691
Appears in Collections:UT - Syariah Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover138.95 kBAdobe PDFView/Open
H54150029_Rai Larezka.pdf
  Restricted Access
H54150029_Rai Larezka437.34 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran258.85 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.