Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105398
Title: Analisis Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek
Other Titles: The Analysis of Financial Literacy and Inclusion on Generation Z's Investment Interest in Jabodetabek
Authors: Dewi, Farida Ratna
Viana, Eka Dasra
Febrianti, Firdha
Issue Date: Nov-2020
Publisher: IPB University
Abstract: Di Indonesia, tingkat literasi keuangan adalah sebesar 38.03%. Sementara untuk masyarakat yang berada di perkotaan, tingkat literasi keuangan sebesar 41.41%. Tingkat inklusi keuangan adalah 76.19% dan untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan yaitu 83.60%. Tingkat literasi dan inklusi keuangan terhadap produk pasar modal memiliki nilai terendah, yaitu 4.4% dan 1.25% (OJK, 2019). Generasi z sejatinya memiliki tanggung jawab atas kondisi keuangannya, namun kesadaran untuk berinvestasi masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada generasi z di Jabodetabek dengan tujuan yaitu (1) menganalisa tingkat literasi keuangan, (2) menganalisa tingkat inklusi keuangan, dan (3) menganalisa pengaruh literasi keuangan terhadap keinginan bernvestasi, dan (4) menganalisis pengaruh inklusi keuangan terhadap keinginan berinvestasi di pasar modal. Analisis data ini menggunakan cara analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) – PLS. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat literasi keuangan dan rata-rata inklusi keuangan generasi z di Jabodetabek adalah 61% dan 64%, literasi keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap keinginan berinvestasi, sementara inklusi keuangan memiliki pengaruh terhadap keinginan berinvestasi generasi z di Jabodetabek.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105398
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
3.44 MBAdobe PDFView/Open
H24160042_Firdha Febrianti.pdf
  Restricted Access
7.08 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
2.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.