Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105227
Title: Pemodelan Kansei Engineering untuk Desain Template Interface Web pada CMS E-commerce B2C
Authors: Djatna, Taufik
Dewi, Medria Kusuma
Yasir
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Desain web e-commerce Business to Consumer (B2C) tidak hanya berfokus pada bagian teknis seperti kinerja, keamanan, keunggulan, atau fitur terkait lainnya, tetapi juga kebutuhan User Experience (UX). Inti dari UX adalah bagaimana menarik konsumen secara psikologis untuk meningkatkan kepuasan dan usability konsumen. Penelitian-penelitian sebelumnya, telah membuktikan bahwa pertimbangan UX terhadap User Interface (UI) dalam membangun web memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen. Meskipun user interface telah banyak dipertimbangkan pada desain web e-commerce B2C namun belum banyak penelitian yang berfokus pada pembuatan desain template interface web e-commerce yang lebih persuasif dari aspek psikologis. Untuk mengatasi permasalahan diatas, penelitian ini menggunakan desain berbasis Kansei Engineering (KE) yang melibatkan emosi sebagai salah satu aspek psikologis konsumen yang kritis untuk meningkatkan kepuasan konsumen. KE adalah metode untuk menerjemahkan perasaan konsumen e-commerce menjadi elemen desain e-commerce. KE digunakan dalam pengembangan produk untuk memperoleh kepuasan konsumen, yaitu dengan menganalisis perasaan dan emosi manusia lalu menghubungkan perasaan dan emosi tersebut menjadi desain produk. Berdasarkan motivasi ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perasaan konsumen secara verbal terhadap web e-commerce dan untuk mendesain template interface web e-commerce B2C yang sesuai dengan keinginan konsumen berdasarkan pendekatan KE. Penelitian ini mengintegrasikan empat metode. Pertama, Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) digunakan untuk mengumpulkan kata-kata Kansei dari pernyataan konsumen mengenai desain template web yang mereka sukai. Kemudian, Semantic Differential Scale (SD) digunakan sehingga konsumen dapat menilai desain template berdasarkan pada kata Kansei. Selanjutnya, Principal Component Analysis (PCA) digunakan untuk mendapatkan kata Kansei yang signifikan sehingga kita dapat memahami konsep desain yang disukai oleh konsumen. Terakhir Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menemukan hubungan antara desain elemen interface web dan preferensi konsumen. Hasil analisis kata Kansei menggunakan TF-IDF dan PCA menghasilkan dua konsep desain template web yaitu "Keren" dan "Familiar". Konsep terbaik dari hasil PLS adalah spesifikasi elemen desain interface web menggunakan dua konsep desain. Konsep-konsep ini dapat diimplementasikan sebagai desain web e-commerce B2C baru. Elemen-elemen ini kemudian digunakan untuk memprediksi pembelian konsumen terhadap desain prototype web e-commerce menggunakan Fisher's exact test untuk menentukan pengaruh elemen desain dan keputusan pembelian konsumen. Evaluasi keputusan pembelian konsumen menunjukkan bahwa tujuh elemen desain dari empat kategori web mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Selain itu, sebuah plugin prototype dibuat pada platform Content Management System (CMS) yang dapat menampilkan dan menyediakan desain template web yang disukai oleh konsumen berdasarkan KE.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105227
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
2020yas.pdf
  Restricted Access
21.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.