Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105099
Title: Pengaruh Keyakinan Motivasional (Motivational Beliefs) dan Konteks Kehidupan (Life Context) terhadap Keterlibatan Ibu dalam Pendidikan pada Anak Usia Dini.
Authors: Hernawati, Neti
Nurjanah, Siti
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Salah satu peranan penting dari keluarga terhadap pendidikan anak adalah keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Namun demikian, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivational beliefs dan life context terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini melibatkan 86 responden yang terdiri atas 43 responden ibu dari Desa Babakan dan 43 ibu responden dari Desa Dramaga yang dipilih secara purposive dengan kriteria memiliki anak usia 3-5 tahun dan menjadi siswa di PAUD di kedua desa tersebut. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dengan alat bantu kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian skor keterlibatan ibu, motivational beliefs dan life context ibu berada pada kategori rendah. Karakteristik ibu yang berhubungan positif signifikan dengan motivational beliefs dan life context adalah pekerjaan ibu dan pendapatan per kapita. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa motivational beliefs dan life context dengan keterlibatan ibu berhubungan positif signifikan. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa motivational beliefs dan life context memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keterlibatan ibu.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105099
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I20snu.pdf
  Restricted Access
11.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.