Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105084
Title: Re-Design Bauran Pemasaran UKM Klausa berdasarkan Customer Path.
Authors: Retnaningsih
Fadillah, Achmad
Khaliffaturr, Wisnu Murti
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pada proses menjalankan usaha, UKM sering mengalami penurunan pendapatan dan berpotensi untuk gulung tikar. Oleh karena itu, re-design pemasaran dibutuhkan oleh UKM untuk beradaptasi dengan kondisi ekonomi saat ini melalui bauran pemasaran secara human (customer) centric berdasarkan customer path. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengidentifikasi bauran pemasaran saat ini; (2) mengidentifikasi karakteristik konsumen; (3) menganalisis peta customer path; dan (4) re-design bauran pemasaran UKM Klausa. Responden dalam penelitian ini adalah pihak internal dan konsumen UKM Klausa berjumlah 87 orang yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Pengambilan data melalui in-depth interview dan pengisian kuesioner secara offline atau online. Penerapan bauran pemasaran 7P UKM Klausa belum optimal dengan karakteristik konsumen umumnya wanita dan termasuk generasi pemuda. Nilai pengalaman peta customer path berada pada tingkat kompetitif “oke”. Re-design bauran pemasaran 4C meliputi co-creation terdapat program “Klausa Aspiration dan Evaluation and Development Product/Market”, currency terdapat program “Klausa Selling”, communal activation terdapat program “Klausa Digital dan Human Management”, dan conversation terdapat program “Klausa Advocating dan Campaign”.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105084
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20wmk.pdf
  Restricted Access
34.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.