Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104928
Title: Analisis Kepuasan Pelayanan Administrasi Kesehatan Mahasiswa IPB sebagai Peserta BPJS
Authors: Kurnia, Anang
Anisa, Rahma
Feren, Natasya
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Kesehatan merupakan salah satu hal penting di dalam kehidupan sehari – hari. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Untuk menunjang kehidupan kampus yang nyaman, IPB juga menyediakan pelayanan administrasi kesehatan mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam hal ini, terdapat beberapa pelayanan administrasi kesehatan terkait BPJS untuk civitas akademika, meliputi pembatalan, pengembalian dana, serta cetak ulang kartu BPJS yang hilang/rusak. Penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa, serta metode Important Perfomance Analysis (IPA) untuk menentukan tingkat kepuasan dan kepentingan setiap atribut pelayanannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan dari mahasiswa untuk setiap aspek dari seluruh pelayanan administrasi kesehatan yang dilakukan berada di atas 70% yang berarti nilai tersebut termasuk dalam kategori puas. Namun demikian, pada diagram pencar IPA terlihat bahwa masih terdapat atribut dengan tingkat kepentinggan tinggi yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Salah satu atribut terpenting yang perlu menjadi prioritas perbaikan pihak IPB adalah atribut kecepatan pelayanan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104928
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G20nfe.pdf
  Restricted Access
13.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.