Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104704| Title: | Aplikasi Metode Pembelajaran Dalam (Deep Learning) Untuk Menghitung Benih Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). |
| Authors: | Jaya, Indra Iqbal, Muhammad Ratnasari, Yulianti |
| Issue Date: | 2020 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu jenis udang yang sangat digemari oleh petambak di Indonesia, karena lebih tahan terhadap virus dan dapat dipelihara dengan kepadatan tinggi. Pengusaha benih udang vaname biasanya akan melakukan penghitungan benih udang dengan cara manual. Cara ini dinilai kurang efisien dalam proses penghitungan benih udang. Sehingga, perlu dilakukan penelitian dalam kuantifikasi objek benih udang ini. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifikasi benih udang vaname (Litopenaeus vannamei) menggunakan salah satu model deep learning yaitu Tiny-YOLO-v2, kemudian mengaplikasikan model tersebut dalam program penghitung object. Prosedur penelitian terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan tersebut diantaranya pengumpulan dataset, pelabelan dataset, traning dataset, testing model, dan aplikasi ke dalam program penghitung objek. Training dataset menggunakan algoritma Tiny-YOLO-v2. Proses training pada penelitian ini memerlukan 47500 step, 2500 epoch dan mendapatkan nilai training loss akhir sebesar ± 12.5. Rata-rata nilai precision didapatkan sebesar 95.66 %, sedangkan nilai recall diperoleh rata-rata sebesar 75.79 %. Akurasi dari model diperoleh nilai sebesar 60.39 %. Hasil tersebut menggambarkan bahwa model cukup stabil dalam mengkasifikasikan objek secara tepat. Aplikasi model kedalam program penghitung objek telah berhasil dilakukan. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104704 |
| Appears in Collections: | UT - Marine Science And Technology |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| C20yra.pdf Restricted Access | 9.52 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.