Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104559
Title: Pengaruh Gamification terhadap Customer Engagement dan Customer Retention pada Pengguna Shopee di Jabodetabek
Authors: Andrianto, Syaefudin
Widyastuti, Hardiana
Putri, Nafisa Maulida
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pengguna smartphone dan internet di Indonesia yang terus mengalami peningkatan memicu persaingan e-commerce di Indonesia yang semakin ketat. Shopee sebagai salah satu e-commerce di Indonesia mampu bertahan ditengah persaingan e-commerce di Indonesia dengan berusaha membentuk customer retention. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik pengguna Shopee, (2) menganalisis pengaruh gamification terhadap customer engagement dan customer retention pada pengguna Shopee, (3) meganalisis pengaruh customer engagement terhadap customer retention pada pengguna Shopee. Penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling dengan jumlah reponden 183 dan diolah menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan gamification berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dan customer retention serta customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104559
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
H20nma.pdf
  Restricted Access
20.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.