Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104495
Title: Faktor Adopsi E-Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kluster Kuliner Kota Bogor.
Authors: Najib, Mukhamad
Septiani, Stevia
Priyanto, Hery
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Saat ini bisnis UKM sedang berkembang pesat di Kota Bogor, terutama UKM kluster kuliner. Persaingan ketat di era industri 4.0 membuat UKM kluster kuliner di Kota Bogor mulai menerapkan strategi pemasaran melalui internet yang disebut e-marketing agar dapat mencapai pertumbuhan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi jenis e-marketing yang paling banyak digunakan UKM kluster kuliner Kota Bogor, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-marketing UKM kluster kuliner Kota Bogor (3) mengidentifikasi pengaruh adopsi e-marketing terhadap kinerja UKM kluster kuliner Kota Bogor. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden UKM Kuliner di Kota Bogor. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square menggunakan program Smart-PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan social media marketing merupakan jenis e-marketing yang paling banyak digunakan oleh UKM kluster kuliner Kota Bogor. Keuntungan relatif, dukungan manajemen puncak, kemampuan karyawan, lingkungan kompetitif, dan tekanan pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan adopsi e-marketing UKM kluster kuliner Kota Bogor. Selain itu terdapat pengaruh postif dan siginifikan adopsi e-marketing terhadap kinerja pemasaran UKM kluster kuliner Kota Bogor.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/104495
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H20hpr.pdf
  Restricted Access
Fulltext20.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.