Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103827
Title: Analisis Konsumsi Bekal Makanan dari Rumah dan Katering Sekolah Kaitannya dengan Status Gizi Siswa SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi.
Authors: Sinaga, Tiurma
Fauziyah, Rizqi
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Konsumsi pangan dapat mempengaruhi status gizi. Anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah, sehingga konsumsi pangan di sekolah harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi makan siang yang berasal dari bekal makanan rumah dan katering sekolah serta kaitannya dengan status gizi siswa SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study dengan total sampel 38 orang, yaitu 21 siswa pada kelompok katering sekolah dan 17 siswa pada kelompok bekal dari rumah. Penelitian dilaksanakan pada September-November 2019 di SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi. Data diperoleh dari sekolah, pengukuran antropometri, dan penilaian konsumsi pangan (food recall 24 jam, food record, food weighing, dokumentasi). Total konsumsi pangan sehari kedua kelompok lebih tinggi pada hari sekolah daripada hari libur. Kontribusi energi dan protein makan siang kedua kelompok sudah memenuhi 30-35% total kebutuhan sehari, dan zat gizi lainnya belum memenuhi kebutuhan sehari. Kualitas konsumsi makan siang kedua kelompok sebagian besar tergolong belum berkualitas. Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan protein dan zat besi makan siang dengan status gizi kelompok katering (p<0.05). Tidak terdapat hubungan signifikan antara konsumsi makan siang dengan status gizi kelompok (p>0.05). Terdapat perbedaan status gizi yang nyata antara kedua kleompok (p=0.004).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103827
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I20rfa.pdf
  Restricted Access
Fulltext34.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.