Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103827| Title: | Analisis Konsumsi Bekal Makanan dari Rumah dan Katering Sekolah Kaitannya dengan Status Gizi Siswa SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi. |
| Authors: | Sinaga, Tiurma Fauziyah, Rizqi |
| Issue Date: | 2020 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Konsumsi pangan dapat mempengaruhi status gizi. Anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah, sehingga konsumsi pangan di sekolah harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi makan siang yang berasal dari bekal makanan rumah dan katering sekolah serta kaitannya dengan status gizi siswa SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional study dengan total sampel 38 orang, yaitu 21 siswa pada kelompok katering sekolah dan 17 siswa pada kelompok bekal dari rumah. Penelitian dilaksanakan pada September-November 2019 di SD Berkarakter Al-Biruni Bekasi. Data diperoleh dari sekolah, pengukuran antropometri, dan penilaian konsumsi pangan (food recall 24 jam, food record, food weighing, dokumentasi). Total konsumsi pangan sehari kedua kelompok lebih tinggi pada hari sekolah daripada hari libur. Kontribusi energi dan protein makan siang kedua kelompok sudah memenuhi 30-35% total kebutuhan sehari, dan zat gizi lainnya belum memenuhi kebutuhan sehari. Kualitas konsumsi makan siang kedua kelompok sebagian besar tergolong belum berkualitas. Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan protein dan zat besi makan siang dengan status gizi kelompok katering (p<0.05). Tidak terdapat hubungan signifikan antara konsumsi makan siang dengan status gizi kelompok (p>0.05). Terdapat perbedaan status gizi yang nyata antara kedua kleompok (p=0.004). |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103827 |
| Appears in Collections: | UT - Nutrition Science |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| I20rfa.pdf Restricted Access | Fulltext | 34.61 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.