Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103799
Title: Strategi Bisnis Perkebunan Teh pada Unit Usaha Kebun Bah Butong PT Perkebunan Nusantara IV, Sumatera Utara
Authors: Aviny, Eva Yolynda
Purba, Inggou Fani Karina
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Bah Butong adalah salah satu perkebunan teh PT. Perkebunan Nusantara IV di Kabupaten Simalungun dengan luas tanah 2 588 95. Dalam beberapa tahun terakhir Bah Butong menghadapi setidaknya dua masalah: tidak dapat memenuhi target produksi di RKAP dan menghadapi persaingan global yang meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal, dan merumuskan alternatif strategi bisnis untuk diterapkan Perkebunan Bah Butong. Alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi Bah Butong dalam matriks IE berada di kuadran kelima atau Hold and Maintain kuadran, yang mengisyaratkan strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar sebagai strategi generik. Formulasi alternatif strategi dengan pendekatan SWOT menghasilkan lima alternatif strategi yaitu pengembangan produk, penetrasi pasar, peningkatan teknologi dan teknik pengolahan teh, peningkatan produksi, dan pengendalian hama terpadu.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103799
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H20ifk.pdf
  Restricted Access
Fulltext20.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.