Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103583
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAstarini, Julia Eka-
dc.contributor.advisorNurani, Tri Wiji-
dc.contributor.authorNugroho, Adi-
dc.date.accessioned2020-09-04T02:58:12Z-
dc.date.available2020-09-04T02:58:12Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103583-
dc.description.abstractKatsuwonus pelamis yang dikenal dengan nama cakalang adalah ikan pelagis besar yang menjadi salah satu komoditas unggulan dan memiliki nilai ekonomis penting di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap. Adanya perbedaan jenis alat tangkap yang digunakan nelayan mempengaruhi harga jual dan mutu cakalang yang dihasilkan. Saluran pemasaran yang panjang mengakibatkan pemasaran tidak efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penanganan dan mutu cakalang yang dihasilkan dari alat tangkap berbeda, menilai efisiensi dan efektivitas pemasaran, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan mutu dan pemasaran cakalang di PPS Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan melakukan wawancara mendalam dan kuesioner, penilaian mutu cakalang dengan uji skor, serta penilaian efisiensi dan efektivitas pemasaran yang meliputi saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan tabel check list. Adapun rekomendasi peningkatan mutu dan pemasaran menggunakan diagram tulang ikan. Hasil penelitian ini menunjukan penanganan cakalang di PPS Cilacap belum sesuai dengan aturan. Mutu cakalang yang dihasilkan dari alat tangkap berbeda yaitu gillnet (agak segar), pancing (segar), dan purse seine (segar). Saluran pemasaran tipe 3 dan tipe 4 merupakan saluran utama yang tergolong tidak efisien karena memiliki margin pemasaran paling tinggi dengan nilai farmer’s share paling rendah sebesar 45% dan 50%. Berdasarkan penilaian tabel check list dapat disimpulkan bahwa pemasaran di PPS Cilacap sudah cukup baik, namun masih belum optimal. Rekomendasi peningkatan mutu dan pemasaran cakalang di PPS Cilacap yaitu melakukan sosialisasi kepada nelayan dan bakul ikan, mengganti peralatan dengan bahan tahan karat, menjaga sanitasi dan higenitas serta menjaga suhu penyimpanan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcResources and Environmental Economicid
dc.titleMutu dan Pemasaran Ikan Cakalang dari Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacapid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordalat tangkapid
dc.subject.keywordcakalangid
dc.subject.keywordmutuid
dc.subject.keywordpemasaranid
dc.subject.keywordpenanganan ikanid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C20anu.pdf
  Restricted Access
Fulltext18.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.