Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103264
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSarma, Mamun-
dc.contributor.advisorCahyadi, Eko Ruddy-
dc.contributor.authorButarbutar, Sanggam C. L-
dc.date.accessioned2020-07-28T01:07:43Z-
dc.date.available2020-07-28T01:07:43Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103264-
dc.description.abstractPemasaran wirausaha merupakan pendekatan yang sesuai dengan usaha kecil dan menengah yang memiliki kendala sumber daya. Praktik entrepreneurial marketing mampu mendorong pelaku usaha untuk mencapai keberhasilan usaha. Kemunculan internet sebagai saluran pemasaran baru memberikan pilihan kepada pelaku usaha dalam melakukan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial marketing dan internet marketing terhadap keberhasilan usaha UKM alas kaki di Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 85 pelaku UKM. Penelitian ini menggunakan analisis transformasi indeks dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelaku usaha alas kaki di Bandung secara umum termasuk pada kelompok dengan tingkat pendidikan yang rendah. Namun demikian, para pelaku usaha memiliki keahlian yang sangat baik dalam memproduksi alas kaki. Karakteristik usaha alas kaki di daerah Bandung merupakan usaha yang telah lama berdiri, usaha pokok yang menjadi sumber pendapatan keluarga yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga pelaku usaha, dan melakukan produksi secara manual. Berdasarkan analisis SEM dengan pendekatan PLS, diketahui bahwa variabel laten entrepreneurial marketing berpengaruh positif secara langsung terhadap variabel laten internet marketing dan keberhasilan usaha. Variabel internet marketing tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap laten keberhasilan usaha. Hal tersebut mengindikasikan bahwa belum terdapat pengaruh tidak langsung entrepreneurial marketing terhadap keberhasilan usaha melalui internet marketing pada UKM alas kaki di Bandung.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcEntrepreuneurial marketingid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBandung-Jawa Baratid
dc.titlePengaruh Entrepreneurial Marketing dan Internet Marketing terhadap Keberhasilan Usaha Alas Kaki di Bandungid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordentrepreneurial marketingid
dc.subject.keywordinternet marketingid
dc.subject.keywordkeberhasilan usahaid
dc.subject.keywordpartial least squares (PLS)id
dc.subject.keywordusaha kecil dan menengah (UKM)id
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2019scl.pdf
  Restricted Access
20.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.