Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103109
Title: Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi Maraca Books and Coffee Menuju Penerapan Green Business
Authors: Maarif, Syamsul
Anggraini, Raden Isma
Ramadhani, Anisa
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Maraca Books and Coffee adalah salah satu bisnis di bidang Food & Beverages (F&B) kategori kedai kopi. Maraca memiliki visi yang belum terealisasikan pada kedai kopinya, yaitu menjalankan bisnis yang selaras dengan kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi model bisnis Maraca sehingga didapatkan strategi dan pembaharuan Business Model Canvas (BMC) yang mengacu pada prinsip green business. Penelitian ini menggunakan metode BMC dan Matriks SWOT dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya, didapatkan strategi utama untuk menjalankan kedai kopi berorientasi green business yaitu melakukan positioning dengan mengedepankan value green business, bermitra dengan bidang usaha terkait yang bervisi serupa, dan optimalisasi pemasaran digital. Berdasarkan hasil rumusan strategi, pembaharuan BMC yang diterapkan adalah optimalisasi pada enam elemen model bisnis yaitu customer segments, value propositions, customer relationships, key resources, key activities, dan key partnerships.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103109
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K20ara.pdf
  Restricted Access
Fulltext24.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.