Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103004
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNurmalina, Rita-
dc.contributor.advisorJahroh, Siti-
dc.contributor.authorAmanda, Tasya-
dc.date.accessioned2020-06-02T03:00:57Z-
dc.date.available2020-06-02T03:00:57Z-
dc.date.issued2020-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103004-
dc.description.abstractIndonesia saat ini memiliki 265 juta jiwa penduduk, dimana lebih dari sepertiganya merupakan generasi modern yang memiliki preferensi dalam melakukan hal-hal yang praktis, salah satunya melakukan aktivitas makan di luar. Bogor merupakan salah satu kota yang dikenal dengan kulinernya. Terdapat ratusan restoran yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor dan Waroeng Hotplate Odon adalah salah satu restoran yang menyajikan hidangan dengan cara unik yaitu menggunakan piring panas dan memiliki tingkat kepedasan. Akibat tingginya persaingan antar restoran, penjualan Waroeng Hotplate Odon mengalami tren menurun. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yaitu variabel produk, promosi, lokasi, harga, pelaku, proses, dan bukti fisik terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, 2) menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas, dan 3) merumuskan strategi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen Waroeng Hotplate Odon. Penelitian dilakukan pada Februari hingga April 2019 melalui observasi ke restoran serta melalui wawancara kepada pelanggan, manajemen dan karyawan restoran menggunakan alat bantu kuesioner. Metode penarikan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 393 orang yang telah datang ke Waroeng Hotplate Odon minimal dua kali dan berusia 17 tahun ke atas. Metode pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif untuk tabulasi data deskriptif dan secara kuantitatif untuk menganalisis Model Persamaan Struktural. Dari hasil penelitian, sebagian besar responden merupakan pelajar dan mahasiswa yang melakukan pembelian makan di luar karena ingin mencoba serta dipengaruhi oleh teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat 4 variabel yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas pengunjung Waroeng Hotplate Odon yaitu produk, harga, proses dan bukti fisik sedangkan 3 variabel lainnya yaitu lokasi, promosi, dan pelaku tidak berpengaruh signifikan. Variabel produk direfleksikan oleh citarasa, variasi menu, dan tingkat kepedasan sementara variabel harga dicerminkan oleh keterjangkauan harga. Variabel bukti fisik direpresentasikan oleh tata ruang dan ketersediaan lahan parkir sedangkan variabel proses direfleksikan oleh kecepatan dalam pemesanan menu. Kedua, variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen yang direfleksikan oleh kesediaan konsumen dalam melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan restoran kepada pihak lain. Ketiga, beberapa strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Waroeng Hotplate Odon yaitu peningkatan kualitas citarasa hidangan, peningkatan level kepedasan, penambahan variasi makanan, penetapan harga yang lebih terjangkau, perbaikan tata ruang restoran, manajamen lahan parkir dan penerapan sistem pelayanan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBogor, Jawa Baratid
dc.titlePengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Waroeng Hotplate Odon Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordbauran pemasaran 7Pid
dc.subject.keywordkepuasan konsumenid
dc.subject.keywordmodel persamaan strukturalid
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File SizeFormat 
2020tam.pdf
  Restricted Access
32.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.