Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102486
Title: Evaluasi Penggunaan dan Penerimaan Bagan Dinding dan Rapor Pertumbuhan Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bogor
Authors: Hardinsyah
Dewi, Mira
Ningtyas, Yolanda Radianti
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Metode yang digunakan untuk menentukan status gizi adalah perhitungan menurut metode standar WHO dengan menggunakan statistik z score yang cenderung sulit dilakukan oleh orang awam karena memiliki langkah perhitungan yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi penggunaan dan tingkat penerimaan bagan dinding dan rapor pertumbuhan siswa sekolah dasar sebagai media pemantauan pertumbuhan anak usia sekolah dasar di Kota Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional study dengan melibatkan 126 siswa, 126 ibu, dan 8 guru. Hasil uji nilai Kappa menunjukkan bahwa bagan PAS TB/U memiliki akurasi sebesar 95.2% (nilai kappa=0.82) dan bagan PAS BB/U memiliki akurasi sebesar 89.6% (nilai kappa=0.67). Nilai Kappa pada bagan PAS TB/U dan BB/U menunjukkan bahwa masing-masing bagan dinding memiliki kekuatan kesepakatan “sangat baik” dan “baik”. Secara keseluruhan, baik siswa, ibu, maupun guru tertarik dan dapat menerima bagan PAS dan rapor PAS dari segi penggunaan media, pemahaman materi, tulisan, gambar, dan komposisi warna.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102486
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File SizeFormat 
I19yrn.pdf
  Restricted Access
13.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.