Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/10225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSuparman
dc.date.accessioned2010-05-03T03:02:20Z
dc.date.available2010-05-03T03:02:20Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/10225
dc.description.abstractPenelitian ini bertujunan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Perpustakaan IPB. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota atau pengguna Perpustakaan IPB yang datang langsung ke perpustakaan. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode penarikan contoh berpeluang secara sistematik. Sebagai instrumen dalam penelitian ini digunakan kuesioner. Pertanyaanpertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari LibQual+TM yang terdiri dari empat dimensi dan 21 indikator kualitas layanan perpustakaan. Dalam kuesioner ini digunakan Skala Likert dengan tujuh pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Hasil analisis IPA dari 207 responden diperoleh informasi sebagai berikut nilai rata-rata total untuk importance dan performance, masing-masing adalah 5,75 dan 4,86. Sementara itu nilai rata-rata dari keempat dimensi yaitu Access to Information (AI); Affect of Service (AS); Personal Control (PC); dan Library as Place (LP) untuk importance dan performance, masing-masing adalah 5,64 dan 4,68; 5,54 dan 4,54; 6,03 dan 5,17; serta 5,94 dan 5,26. Nilai rata-rata AI dan AS jika dimasukkan dalam diagram hasil IPA, maka akan berada pada kuadran III, yang berarti tingkat kepentingan pengguna terhadap layanan ini rendah, dan kenyataannya, kinerja layanan perpustakaan yang dirasakan oleh pengguna pun rendah. Adapun nilai rata-rata PC dan LP jika dimasukkan dalam diagram hasil IPA, maka akan berada pada kuadran II, berarti antara tingkat kepentingan pengguna dan kinerja perpustakaan yang dirasakan pengguna relatif tinggi. Oleh karena itu, perpustakaan harus dapat terus mempertahankan kinerjanya sehingga pengguna memandang kualitas layanan perpustakaan cukup unggul.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleKajian Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Institut Pertanian Bogorid
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2007sup_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract50.72 kBAdobe PDFView/Open
2007sup.pdf
  Restricted Access
Full Text321.23 kBAdobe PDFView/Open
2007sup_abstract.ps
  Restricted Access
Postscript5.56 MBPostscriptView/Open
Cover 2007sup.pdf
  Restricted Access
Cover 298.53 kBAdobe PDFView/Open
Bab I 2007sup.pdf
  Restricted Access
Bab I 283.62 kBAdobe PDFView/Open
Bab II 2007sup.pdf
  Restricted Access
Bab II 317.91 kBAdobe PDFView/Open
Bab III 2007sup.pdf
  Restricted Access
Bab III 393.69 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka 2007sup.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka391.66 kBAdobe PDFView/Open
Penutup 2007sup.pdf
  Restricted Access
Penutup 272.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.