Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101424
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made-
dc.contributor.advisorRahardiantoro, Septian-
dc.contributor.authorHarahap, Aulia Nathasia-
dc.date.accessioned2020-01-29T08:11:07Z-
dc.date.available2020-01-29T08:11:07Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101424-
dc.description.abstractSoal Metode Statistika yang dibuat sebagai soal ujian adalah soal yang sama untuk seluruh mahasiswa, padahal mahasiswa memiliki latar belakang program studi yang beragam. Soal ujian yang dibuat oleh tim pembuat soal (dosen) juga kerap kali tidak dievaluasi terlebih dahulu sehingga soal ujian terkadang terlalu sulit atau terlalu mudah untuk dijawab oleh mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan analisis butir soal terhadap soal ujian tersebut dengan harapan dapat mengetahui kualitas soal ujian dan mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal ujian tersebut. Analisis butir soal dapat dilakukan dengan menggunakan item response theory (IRT) tiga parameter yang merupakan teori pengukuran modern untuk menganalisis butir soal menggunakan model matematis untuk menghubungkan karakteristik butir soal dengan kemampuan responden. Data yang digunakan adalah jawaban mahasiswa untuk soal UTS Metode Statistika semester genap tahun ajaran 2018/2019. Tahapan yang dilakukan adalah data yang sudah diinput dilakukan penerapan IRT tiga parameter dengan melakukan pengujian asumsi, kemudian menduga parameter karakteristik butir soal dan kemampuan mahasiswa, serta mengevaluasi hasil parameter. Tiga parameter soal yang diduga adalah parameter daya butir soal (�����), taraf kesukaran soal (�����), dan tebakan semu soal (�����). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa soal yang dapat dikategorikan soal baik hanya sekitar 45% soal tipe A01 dan 30% soal tipe A02 dari 20 soal yang diujikan, baik soal jenis benar/salah maupun pilihan ganda, dan tingkat kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal Metode Statistika 2018/2019 dengan benar masih rendah.id
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcStatistical methodsid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Butir Soal Metode Statistika 2018/2019 dengan Metode Item Response Theory Tiga Parameter.id
dc.subject.keyworddaya pembedaid
dc.subject.keyworditem response theoryid
dc.subject.keywordtaraf kesukaranid
dc.subject.keywordtebakan semuid
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G19anh.pdf
  Restricted Access
14.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.