Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101296
Title: Preferensi Konsumen dalam Pembelian Produk Galendo (Studi Kasus UMKM PD Rasa Asli Ciamis).
Authors: Yuliasih, Indah
Anggraeni, Elisa
Istiqomah, Asti
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Preferensi konsumen terhadap suatu produk diukur dari sejauh mana kualitas produk tersebut dapat memuaskan dan memenuhi keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dibandingkan antara kesesuaian produk dengan keinginan konsumen untuk mengusulkan perbaikan terhadap produk galendo. PD Rasa Asli adalah UMKM yang memproduksi galendo dan mendirikan Saung Galendo sebagai pusat pembelian oleh-oleh khas Ciamis. Minat kosumen dalam pembelian produk galendo meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan yang berkunjung. Memahami keinginan konsumen dan mengetahui tingkat kepuasan terhadap produk adalah aspek penting bagi manajemen pemasaran. Pendekatan model kano mampu mengetahui keinginan kepuasan konsumen dengan mengkategorikan dan memperhatikan atribut kualitas dari produk. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 80 orang konsumen Galendo. Terdapat delapan atribut kualitas produk dengan 21 kriteria. Hasilnya yaitu kriteria dari variasi rasa dan kemasan, fasilitas lengkap, dan promosi yang semakin luas mendapat nilai kepuasan paling tinggi apabila dihadirkan. Kriteria sensori (rasa yang kental, aroma khas kelapa) dan kesesuaian produk mendapat nilai ketidakpuasan paling tinggi apabila tidak dihadirkan. Dari hasil tersebut dilakukan usulan perbaikan dengan pembuatan prototipe perbaikan pada proses, rasa, dan kemasan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101296
Appears in Collections:UT - Agroindustrial Technology

Files in This Item:
File SizeFormat 
F19ais.pdf
  Restricted Access
15.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.