Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101053
Title: Analisis Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Muzaki dalam Membayar Zakat Melalui Kepuasan Pelayanan
Authors: Fitri, Resfa
Hasanah, Neneng
Hasanah, Annisa Ridha
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Tujuan utama pengelolaan zakat adalah untuk mengoptimalkan fungsi zakat dan memudahkan di dalam penyaluran zakat. Akan tetapi, sampai saat ini pengelolaan zakat belum mencukupi tujuan tersebut, karena dana zakat yang terkumpul di Indonesia tahun 2017 hanya 6.2 triliun rupiah dari total potensi zakat nasional yang mencapai 462 triliun rupiah. Hal tersebut menandakan bahwa masih banyak orang Islam yang belum termotivasi untuk membayar zakat pada lembaga. Studi ini bertujuan untuk menganalisis persepsi muzaki BAZNAS Kota Bogor terhadap kualitas pelayanan yang sudah diterapkan serta menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi kepuasan muzaki terhadap peningkatan loyalitas dalam membayar zakat. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Total responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu SEM-PLS dan diolah dengan bantuan software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan muzaki adalah tangible, responsiveness, dan emphaty. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan memiliki dampak yang positif terhadap loyalitas muzaki dalam membayar zakat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101053
Appears in Collections:UT - Syariah Economic

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19arh.pdf
  Restricted Access
18.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.