Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101028
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorOktariza, Wawan-
dc.contributor.advisorWiyono, Eko Sri-
dc.contributor.authorTampubolon, Calvin Natanael-
dc.date.accessioned2020-01-17T03:16:47Z-
dc.date.available2020-01-17T03:16:47Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101028-
dc.description.abstractCakalang merupakan salah satu komoditas yang dominan hasil tangkapannya di Kota Sibolga. Hal tersebut dikarenakan produksi ikan cakalang pada tahun 2018 mencapai 50% dari total produksi ikan di Kota Sibolga. Produksi ikan cakalang yang sangat besar di Kota Sibolga, dapat membuat suatu persaingan diantara setiap lembaga pemasaran dari segi pemasaran. Persaingan tersebut dapat mempengaruhi keuntungan dari setiap lembaga pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi saluran pemasaran, lembaga pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran yang terbentuk dalam pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, menganalisis struktur pasar dan perilaku pasar yang terbentuk pada sistem pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, dan menganalisis efisiensi pemasaran ikan cakalang pada musim puncak, paceklik dan peralihan di Kota Sibolga. Metode analisis yang akan digunakan adalah analisis lembaga dan saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dengan marjin pemasaran Rp. 1 500 per kg dan fisherman’s share 90% pada musim puncak, marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 89% pada musim peralihan, dan pada musim paceklik mempunyai marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 91%.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFisheries Resourcesid
dc.subject.ddcSkipjackid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcSibolga, Sumatera Utaraid
dc.titleEfisiensi dan Saluran Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Kota Sibolgaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordefisiensi pemasaranid
dc.subject.keywordfisherman’s shareid
dc.subject.keywordmarjin pemasaranid
dc.subject.keywordSCPid
Appears in Collections:UT - Fisheries Resource Utilization

Files in This Item:
File SizeFormat 
C19cnt.pdf
  Restricted Access
16.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.