Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100668
Title: E-Commerce Pakaian Sebagai Wadah Kreativitas Difabel dan Sarana Membangun Kesadaran Sosial.
Authors: Herlina, Lien
Diwantara, Dimas Gandhi Purba
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Jumlah difabel di Indonesia mencapai 11,6 juta jiwa dengan kondisi yang rentan terhadap kemiskinan. Hal ini menjadikan isu difabel patut mendapat perhatian lebih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis, memformulasikan strategi pemasaran, dan memetakan kemungkinan dampak yang dihasilkan dengan hadirnya BLESSING. Metode yang digunakan adalah customer discovery dengan pendekatan kualitatif dan validasi dari expert judgement. Penentuan elemen-elemen model bisnis dilakukan berdasarkan hasil “uji permaslahan” dan “uji solusi” dari responden melalui survei. Hasil yang ditemukan adalah terverifikasinya model bisnis social enterprise BLESSING. Model bisnis ini menawarkan produk pakaian berteknologi NFC, dengan desain hasil karya difabel, dan dipasarkan melalui e-commerce. Strategi pemasaran ditetapkan melalui kerangka market strategy berdasarkan pendekatan Marketing Genius. Strategi pemasaran produk ini adalah: memberikan insentif pembelian, mengkampanyekan “membeli berarti berdonasi”, meluncurkan produk edisi terbatas, meng-endorse influencer, melakukan internet marketing, dan menerapkan visual story telling marketing. Pemetaan potensi dampak dilakukan dengan bantuan logic model theory of change. Potensi dampak yang dihasilkan melalui model bisnis BLESSING bagi difabel adalah: memberantas diskriminasi, meningkatkan kepedulian masyarakat, dan memberantas pradigma negatif. Sedangkan dampak bagi NGO adalah peningkatan performa.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100668
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19dgp.pdf
  Restricted Access
26.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.