Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100643
Title: Pengaruh Emosi Negatif dan Persepsi Nilai Komplain terhadap Niat Komplain Konsumen Lanjut Usia pada Pelayanan Kesehatan
Authors: Yuliati, Lilik Noor
Haniifah, Hanaa
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Ketidakpuasan konsumen dalam mengonsumsi barang dan jasa dapat mendorong konsumen untuk melakukan komplain kepada perusahaan. Niat komplain merupakan niat konsumen yang mengalami ketidakpuasan dalam mengonsumsi barang dan jasa untuk melakukan komplain kepada perusahaan sebelum terbentuknya perilaku komplain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh emosi negatif dan persepsi nilai komplain terhadap niat komplain konsumen lansia pada pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode wawancara terstruktur. Pemilihan contoh pada penelitian ini dipilih secara non probability sampling dengan contoh yaitu konsumen yang berusia 60 tahun ke atas, pengguna layanan kesehatan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Contoh pada penelitian ini berjumlah 200 orang yang berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pengambilan data dilakukan selama bulan April 2019. Analisis data menggunakan metode SEM melalui program Analisis of Moment Structures (AMOS) dan Statistical Product and Servicer Solutions (SPSS). Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara usia dengan niat komplain dan terdapat hubungan positif signifikan antara pendidikan terakhir dengan niat komplain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif memengaruhi niat komplain sedangkan persepsi nilai komplain tidak memengaruhi niat komplain.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100643
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
I19hha.pdf
  Restricted Access
19.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.