Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100543
Title: Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Konsumen dalam Memilih Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor, Dramaga).
Authors: Masjkur, Mohammad
Suhaeni, Cici
Nisa, Nabilla Rida Tri
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Jumlah marketplace di Indonesia terus mengalami peningkatan pada era saat ini. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih marketplace untuk berbelanja. Pihak marketplace juga semakin bersaing dalam mengembangkan marketplace-nya agar menjadi marketplace yang paling diminati konsumen. Analisis konjoin adalah analisis yang tepat dan dapat digunakan untuk mengetahui preferensi dalam memilih marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi taraf-taraf atribut yang paling disukai konsumen dalam memilih marketplace sebagai tempat berbelanja dengan menggunakan analisis konjoin. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil survei terhadap mahasiswa S1 IPB Dramaga mengenai preferensi mahasiswa dalam memilih marketplace. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa promo gratis biaya pengiriman dengan jumlah pembelian tertentu, cara pembayaran melalui transfer ATM / internet banking / mobile banking, menggunakan jasa pengiriman JNE/ J&T/ TIKI/ POS, menyediakan testimoni customer, serta tampilan aplikasi yang bagus dan menarik cenderung diminati konsumen. Nilai Relatif Penting (NRP) menunjukkan bahwa atribut metode pembayaran merupakan atribut yang sangat diutamakan oleh konsumen dalam memilih marketplace sebagai tempat berbelanja.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/100543
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File SizeFormat 
G19nrt.pdf
  Restricted Access
12.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.