Metode Analisis Diskriminan Kuadrat Terkecil Parsial untuk Klasifikasi Segmen Loyalitas Konsumen Susu Pertumbuhan
View/ Open
Date
2019Author
Kuswari, Herdina
Afendi, Farit Mochamad
Notodiputro, Khairil Anwar
Metadata
Show full item recordAbstract
Segmentasi konsumen adalah proses membagi konsumen menjadi segmen-segmen yang berbeda berdasarkan karakteristik konsumen sehingga memudahkan perusahaan membangun strategi pemasaran. Segmentasi dilakukan berdasarkan loyalitas konsumen menggunakan pendekatan RFM (Recency, Frequency, Monetary) dari 7753 anggota program loyalitas suatu produk nutrisi. Pemodelan klasifikasi analisis diskriminan kuadrat terkecil parsial dilakukan dengan hasil segmentasi konsumen sebagai peubah respon. Model yang dihasilkan tidak cukup baik berdasarkan nilai AUC (Area Under Curve) kurva ROC (Relative Operating Characteristic) setiap segmen yang cukup rendah. Peubah penjelas yang memiliki kontribusi tinggi terhadap model adalah X5, X9, dan X2 dengan nilai VIP (Variable Importance in the Projection) lebih dari 1.