Perancangan User Experience Modul Wisatawan Aplikasi Setapak Menggunakan Metode The Whee
View/ Open
Date
2019Author
Akmando, Luthfi Jovan Wandy
Trisminingsih, Rina
Metadata
Show full item recordAbstract
Pariwisata merupakan sektor penting dalam pendapatan devisa negara Indonesia dan diproyeksikan akan menjadi penyumbang terbesar pada tahun 2020. Untuk lebih mengenalkan destinasi wisata Indonesia, dibutuhkan sebuah teknologi yang merangkum informasi destinasi wisata di Indonesia dan menyediakan kebutuhan yang diperlukan wisatawan. Pada penelitian sebelumnya, aplikasi Setapak telah berfungsi dengan baik, namun belum cukup memperhatikan sisi user experience. Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience aplikasi Setapak modul wisatawan menggunakan metode The Wheel. Metode ini merupakan sebuah siklus yang dimulai pada tahap analisis, yaitu observasi dan wawancara target pegguna untuk mengumpulkan data yang selanjutnya dianalisis. Tahap selanjutnya yaitu analisis, yaitu pembuatan user persona, sketsa, storyboard, dan wireframe dengan tujuan merancang interaksi dan konsep aplikasi Setapak. Hasil yang didapat pada tahap desain diimplementasikan ke dalam bentuk prototipe medium fidelity di tahap prototipe. Hasil prototipe yang dirancang selanjutnya diujikan kepada responden menggunakan metode Think Aloud dan menghasilkan success rate sebesar 87.69% serta kuesioner USE dan menghasilkan nilai 6.025 usefulness, 4.91 satisfaction, 5.35 ease of use, dan 5.25 ease of learning dari skala 7 Likert.
Collections
- UT - Computer Science [2322]