Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi teman sebaya
dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa Sekolah Menengah
Pertama. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan
pemilihan lokasi penelitian secara purposive. Penelitian ini melibatkan 105 siswa
yang bersekolah di salah satu sekolah negeri Kabupaten Bogor. Sekolah dipilih
karena berada di lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan yang diasumsikan
dapat memengaruhi perilaku konsumtif siswa SMP. Data dikumpulkan melalui
pengisian kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, serta uji
regresi. Hasil penelitian menunjukkan interaksi teman sebaya siswa termasuk pada
kategori sedang, literasi keuangan tergolong kategori sufficient literate (cukup
terliterasi), dan perilaku konsumtif siswa temasuk kategori sedang. Faktor yang
memengaruhi perilaku konsumtif siswa SMP antara lain adalah usia siswa,
pendidikan ibu, interaksi teman sebaya dan literasi keuangan. Usia siswa,
pendidikan ibu, dan interaksi teman sebaya memiliki pengaruh positif signifikan
terhadap perilaku konsumtif siswa, sedangkan literasi keuangan memiliki pengaruh
negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa Sekolah Menengah Pertama.