Pengaruh Literasi Keuangan dan Kelompok Acuan terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA
Abstract
Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli barang atau jasa secara berlebihan dan hanya mementingkan keinginan daripada kebutuhan tanpa didasari pertimbangan yang rasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan kelompok acuan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan pemilihan lokasi penelitian secara purposive. Penelitian dilakukan dengan teknik self administered menggunakan kuesioner. Penelitian ini melibatkan 125 siswa SMA negeri Kota Bogor yang terdiri dari 68 siswa IPA dan 57 siswa IPS. Sekolah yang dipilih pada penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Kota Bogor dan SMA Negeri 9 Kota Bogor. Alasan sekolah dipilih karena dekat dengan pusat perbelanjaan kota. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji beda, uji korelasi, serta uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada jenis kelamin terhadap perilaku konsumtif siswa SMA, perempuan lebih berpeluang berperilaku konsumtif. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan antara karakteristik remaja, literasi keuangan, kelompok acuan dan perilaku konsumtif. Hasil uji regresi menemukan bahwa adanya pengaruh negatif signifikan perilaku keuangan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA. Hasil penelitian juga menemukan adanya pengaruh positif signifikan jenis kelamin dan kelompok acuan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA.