Analisis Tataniaga Kentang Merah di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok Sumatera Barat
Abstract
Kentang merah akan dijadikan komoditi unggulan Kabupaten Solok di Provinsi Sumatera Barat. Harga kentang merah cukup tinggi di pasaran sehingga mempunyai prospektif bisnis untuk dikembangkan, namun harga yang diterima petani belum mampu menutupi biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh petani. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis pemasaran kentang merah. Metode pegumpulan data melalui observasi dan wawancara serta penentuan responden petani dengan metode purposive sampling dan lembaga pemasaran dengan metode snowball sampling. Indikator efisiensi operasional pemasaran adalah margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan terhadap biaya, kuantitas penjualan setiap saluran, harga, fungsi-fungsi pemasaran, serta perilaku dari lembaga pemasaran. Hasil analisis menujukkan bahwa saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran 4 dengan lembaga pemasarannya pedagang pengecer Kabupaten Solok. Nilai margin pemasaran Rp 3 000, farmer’s share 78.57 persen dan rasio keuntungan terhadap biaya 3.75 serta harga jual petani paling tinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]