Strategi Pengembangan Taman Rekreasi Kampoeng Wisata Cinangneng Melalui Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Agrowisata merupakan aktivitas yang memadukan kegiatan pertanian dengan
kegiatan pariwisata. Salah satu agrowisata di Kabupaten Bogor adalah Taman
Rekreasi Kampoeng Wisata Cinangneng. Taman Rekreasi Kampoeng Wisata
Cinangneng merupakan agrowisata yang menawarkan nilai utama berupa wisata
edukasi pertanian dan wisata budaya khas Jawa Barat . Taman Rekreasi Kampoeng
Wisata Cinangneng perlu melakukan pengembangan melihat dari tingkat
kunjungan wisata yang belum tercapai sesuai target. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi model bisnis saat ini, mengevaluasi dan merancang perbaikan
model bisnis baru dengan pendekatan model bisnis kanvas. Metode analisis bersifat
kualitatif, yang terdiri atas analisis deskriptif dan analisis SWOT. Analisis
deskriptif diolah berdasarkan pada elemen model bisnis kanvas. Penelitian ini
menghasilkan model bisnis yang sedang berjalan dan perbaikan model bisnis
berdasarkan rumusan strategi. Strategi yang dihasilkan menciptakan proposisi nilai
baru, yaitu pengemasan agrowisata dengan perbaikan fasilitas, penambahan
program, aktivitas manajerial dan kualitas pelayanan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]