Strategi Pengembangan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit pada PT Perkebunan Nusantara I Langsa di Provinsi Aceh
Abstract
PT Perkebunan Nusantara I merupakan perusahaan milik negara yang
mengoperasikan kegiatan di dalam industri perkebunan kelapa sawit yang sangat
ketat baik dalam persaingan maupun permintaan, sehingga perusahaan
memerlukan strategi pengembangan bisnis untuk mengatasinya. Penelitian ini
bertujuan untuk merumuskan dan merekomendasikan strategi pengembangan
usaha yang tepat untuk PT Perkebunan Nusantara I dengan mempertimbangkan
lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Alat analisis yang digunakan adalah
matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Matriks
IFE dan EFE menunjukkan bahwa kondisi internal perusahaan dan kondisi
eksternal yang baik. Matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada
kuadran lima. Formulasi alternatif strategi yang dibuat menggunakan matriks
SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi. Prioritas strategi yang dihasilkan
menggunakan matriks QSP yaitu menghasilkan produksi kelapa sawit sesuai atau
mendekati RKAP produksi perusahaan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]