Analisis Market Share dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Crude Palm Oil Indonesia Ke Negara EU27
Abstract
Sejak tahun 2012 ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa 27 dengan kode HS
151110 terus menurun. Penurunan ini di indikasikan karena adanya kampanye
hitam (black campign) dan keluarga kebijakan Renewable Energy Derivative
(RED). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis market share berupa pangsa
pasar dan daya saing dengan metode CMSA. Selain itu penelitian ini juga
menganalisisi CPO Indonesia di faktor-faktor yang memengaruhi ekspor CPO ke
EU27. Gravity model data panel digunakan untuk melihat faktor-faktor yang
memengaruhi ekspor CPO Indonesia ke sembilan negara di Uni Eropa 27. Variabel
yang digunakan adalah GDP riil per kapita negera Uni Eropa, GDP riil per kapita
Indonesia, nilai tukar riil, harga ekspor, dan jarak ekonomi. Dari lima variabel yang
digunakan terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan pada taraf nyata 5%
yaitu varibel jarak ekonomi, GDP riil per kapita Indonesia dan harga ekspor. Empat
variabel berpengaruh positif sedangkan satu variabel berpengaruh negatif terhadap
ekspor CPO. Berdasarkan analisis CMSA, penurunan ekspor CPO ke Uni Eropa
disebabkan oleh berkurangnya kemampuan penetrasi CPO Indonesia.