Daya Saing Kelapa dan Produk Turunan Kelapa Indonesia dan Eksportir Utama Lainnya di Pasar Global
Abstract
Rantai pasok global membuat perdagangan kelapa dan produk turunannya di pasar global semakin kompetitif karena persaingan tidak hanya terjadi antar negara produsen utama namun juga antar negara yang mampu melakukan ekspor produk tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis posisi dan hubungan daya saing produk kelapa dan turunan kelapa Indonesia dengan negara eksportir utama lainnya di pasar global. Penelitian ini menggunakan panel data sekunder yang dianalisis menggunakan metode Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dan korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh produk primer dan manufaktur kelapa Indonesia memiliki daya saing di pasar global dan telah berada pada tahap kematangan kecuali produk manufaktur serat kelapa. Serat kelapa tidak memilki daya saing di pasar global dan masih berada pada tahap perluasan ekspor. Produk Indonesia yang menempati peringkat pertama dengan daya saing tertinggi adalah kelapa di dalam kulit.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]