Analisis Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Restoran Cepat Saji oleh Pengguna GO-PAY di Kota Bogor
View/ Open
Date
2019Author
Octavia, Fajrin
Hubeis, Musa
Andrianto, Mokhamad Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Mayoritas masyarakat Kota Bogor yang memiliki pola hidup sibuk
menggunakan pendapatannya untuk mengonsumsi makanan atau minuman jadi.
Di sisi lain pada era industri 4.0 semua kegiatan dituntut untuk berbasiskan
terknologi, termasuk dalam sistem pembayaran. Hal ini menuntut perusahaan
cepat saji dan perusahaan GO-PAY untuk mampu memenuhi kebutuhan dan
keinginan pelanggan sesuai perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis proses keputusan
pembelian produk, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
pengambilan keputusan di restoran cepat saji oleh pengguna GO-PAY di Kota
Bogor. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor
dengan software Statistical Package Social Science (SPSS) versi 20. Metode
pengambilan contoh yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan 100
responden. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian di restoran cepat saji oleh pengguna GO-PAY di Kota Bogor
yaitu kemudahan dan kecepatan proses, desain dan layanan, kelompok referensi,
ketersediaan dan pendapatan. Faktor utama yang paling memengaruhi adalah
kemudahan dan kecepatan proses.