Analisis Daya Saing Produk Turunan Susu dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing produk turunan susu Indonesia di negara tujuan ekspor utamanya dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi daya saing tersebut. Data yang digunakan adalah nilai dan volume ekspor produk turunan susu Indonesia dalam periode 2012-2018. Penelitian ini berdasarkan pada produk dengan kode HS 0401, HS 0402, dan HS 0403, dan digunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan RCA, EPD, dan analisis data panel dengan metode Random Effect Model (REM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dengan HS 0401 secara rata-rata memiliki daya saing yang kuat dengan posisi rising star dimana daya saingnya dipengaruhi secara signifikan oleh GDP per kapita, populasi penduduk, harga ekspor, dan volume ekspor. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk dengan HS 0402 secara rata-rata memiliki daya saing yang lemah dengan posisi daya saing produk mayoritas retreat dimana daya saingnya dipengaruhi secara signifikan oleh GDP per kapita, populasi penduduk, harga ekspor, dan volume ekspor. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk dengan HS 0403 secara rata-rata memiliki daya saing yang kuat dengan posisi daya saing produk mayoritas lost oppportunity dimana daya saingnya dipengaruhi secara signifikan oleh populasi penduduk dan volume ekspor.