Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Klasi Cafe Jakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya bisnis kuliner di
Indonesia, banyak pelaku bisnis yang membuat sebuah usaha khususnya food and
beverage. Bertambahnya minat masyarakat terhadap kopi sehingga banyak
restauran atau café yang menjual produk sejenis, salah satunya adalah Klasi Cafe
Jakarta. Restauran atau cafe harus membuat strategi pemasaran untuk
mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan
dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Klasi Cafe Jakarta. Penelitian ini
menggunakan data primer yang diperoleh dari 100 responden yang diambil
dengan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode SEMPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel
kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan
pelanggan karena mayoritas pelanggan lebih melihat performa, kehandalan,
tingkat respon, tingkat ketepatan, pengetahuan dan perilaku dari karyawan
sehingga hal tersebut akan membuat para pelanggan merasa nyaman, senang dan
puas.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]