Analisis Kepuasan Pelanggan Restoran Taman Koleksi
Abstract
Taman Koleksi merupakan salah satu usaha yang bersaing di industri
restoran. Perkembangan restoran di Kota Bogor yang semakin meningkat
mengakibatkan tingkat persaingan yang semakin tinggi antar restoran. Cara yang
dapat dilakukan restoran Taman Koleksi untuk dapat mempertahankan
pelanggannya yaitu dengan memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada
pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik
pelanggan, menganalisis proses keputusan pembelian pelanggan, dan menganalisis
tingkat kepuasan pelanggan restoran Taman Koleksi Bogor. Jumlah responden
dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance
Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis CSI, tingkat kepuasan
pelanggan terhadap atribut restoran Taman Koleksi adalah sebesar 73.87 persen.
Sedangkan hasil dari analisis IPA menunjukkan bahwa atribut cita rasa makanan,
kesigapan pramusaji, dan kecepatan penyajian merupakan prioritas utama dalam
perbaikan kinerja atribut untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]