Strategi Pengembangan Usaha Buah Nusantara di PT Hapasi Platinum Sinergi dengan Pendekatan Business Model Canvas
Abstract
Peningkatan produksi tanaman buah di Indonesia menyebabkan peluang
berkembangnya usaha buah nusantara semakin meningkat. PT Hapasi Platinum
Sinergi merupakan salah satu usaha buah di Jakarta yang memiliki kendala dalam
mencakup permintaan dalam skala besar. Penelitian ini bertujuan memperoleh
alternatif strategi pengembangan usaha dengan mengidentifikasi elemen Business
Model Canvas yang dimiliki PT Hapasi Platinum Sinergi. Metode yang digunakan
bersifat kualitatif dengan pendekatan Business Model Canvas dan analisis SWOT.
Penelitian ini menghasilkan Business Model Canvas saat ini dan perbaikan untuk
masa yang akan datang. Setelah dilakukan penelitian, dihasilkan beberapa alternatif
strategi yaitu mengembangkan pasar, menaikkan kualitas dan kuantitas produk,
menambah tenaga kerja dan meningkatkan kapasitas SDM, memperbanyak
kerjasama bisnis dan mitra potensial, serta memperoleh tambahan modal usaha.
Strategi yang diperoleh berasal dari kombinasi sembilan elemen Business Model
Canvas dengan analisis SWOT.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]