Total Factor Productivity (TFP), dan Productivity Spillover Effect pada Industri Otomotif di Indonesia
Abstract
FDI dapat memiliki pengaruh positif, negatif, atau tidak memiliki pengaruh
sama sekali terhadap produktivitas perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk
menghitung nilai Total Factor Productivity (TFP) perusahaan dalam industri
otomotif di Indonesia, dan menganalisis pengaruh FDI terhadap TFP perusahaan
dalam industri otomotif di Indonesia. Data yang digunakan adalah data tingkat
perusahaan industri otomotif di Indonesia selama tahun 2012-2014. Dengan
menggunakan metode Levinsohn-Petrin (LP) didapatkan bahwa perusahaan dalam
industri otomotif di Indonesia memiliki nilai TFP yang sangat beragam.
Selanjutnya, dengan menggunakan data panel didapatkan bahwa FDI, horizontal
spillover, dan intensitas kapital secara signifikan berpengaruh negatif terhadap
produktivitas, forward linkage tidak signifikan mempengaruhi produktivitas
perusahaan, sementara backward linkage berpengaruh positif terhadap
produktivitas perusahaan dalam industri otomotif di Indonesia.
FDI dapat memiliki pengaruh positif, negatif, atau tidak memiliki pengaruh
sama sekali terhadap produktivitas perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk
menghitung nilai Total Factor Productivity (TFP) perusahaan dalam industri
otomotif di Indonesia, dan menganalisis pengaruh FDI terhadap TFP perusahaan
dalam industri otomotif di Indonesia. Data yang digunakan adalah data tingkat
perusahaan industri otomotif di Indonesia selama tahun 2012-2014. Dengan
menggunakan metode Levinsohn-Petrin (LP) didapatkan bahwa perusahaan dalam
industri otomotif di Indonesia memiliki nilai TFP yang sangat beragam.
Selanjutnya, dengan menggunakan data panel didapatkan bahwa FDI, horizontal
spillover, dan intensitas kapital secara signifikan berpengaruh negatif terhadap
produktivitas, forward linkage tidak signifikan mempengaruhi produktivitas
perusahaan, sementara backward linkage berpengaruh positif terhadap
produktivitas perusahaan dalam industri otomotif di Indonesia.