Motivasi Menggunakan dan Persepsi terhadap Uang Elektronik (E-Money) di Kalangan Mahasiswa IPB
View/ Open
Date
2015Author
Ramadhan, Mutiara Nur
Djamaludin, Moh. Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh motivasi dan persepsi terhadap penggunaan uang elektronik. Disain penelitian menggunakan disain cross sectional. Lokasi penelitian di Institut Pertanian Bogor (IPB) ditentukan secara purposive, melibatkan 100 responden. Hasil menunjukkan tiga dari empat mahasiswa memiliki motivasi yang cukup besar untuk menggunakan uang elektronik. Sebagian mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap uang elektronik. Lebih dari separuh mahasiswa terkategori sering menggunakan uang elektronik. Motivasi dan persepsi berhubungan positif dengan penggunaan uang elektronik. Faktor yang mempengaruhi frekuensi penggunaan uang elektronik adalah uang saku, besar keluarga, asal daerah dan persepsi. Tetapi hasil menunjukkan motivasi tidak berpengaruh terhadap frekuensi penggunaan uang elektronik.