Dampak Media Sosial pada Penciptaan Pengetahuan, Inovasi dan Kinerja pada UKM di Jabodetabek
View/ Open
Date
2019Author
Mita, Merry Moy
Cahyadi, Eko Ruddy
Anggraeni, Elisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Di era globalisasi seperti ini, dunia menjadi semakin terbuka luas.
Perkembangan teknologi dan komunikasi sangat berperan penting bagi
keberlangsungan bisnis. Salah satu pemanfaatan teknologi dan komunikasi dalam
bisnis adalah penggunaan media sosial. Pada era ini, UKM tidak terlepas dari
pengunaan media sosial dalam menyampaikan sebuah informasi yang berguna
bagi penjual dan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kinerja suatu bisnis.
Media sosial membuka jaringan komunikasi antara pemangku kepentingan seperti
lingkungan bisnis, pemasok, pelanggan dan juga pesaing.
Penelitian ini memiliki dua tujuan: pertama, menganalisis tingkat
penggunaan media sosial oleh UKM di Jabodetabek dalam penciptaan
pengetahuan, inovasi, dan peningkatan kinerja untuk bisnis. Kedua, menganalisis
dampak media sosial pada penciptaan pengetahuan, inovasi dan kinerja pada
UKM di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan pada UKM di Jabodetabek pada
Januari hingga Maret 2019.
Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Pengambilan sampel dengan metode non-random sampling dengan
teknik pengambilan sampel berdasarkan snowball sampling. Penelitian ini
menggabungkan metode online dan offline untuk menggumpulkan data sebanyak
384 responden dari empat bidang UKM yaitu kerajinan, kuliner, pakaian dan
sepatu pada UKM di Jabodetabek.. Dengan syarat UKM yang menggunakan
media sosial dan harus berdiri minimal satu tahun. Metode pengolahan dan
analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis
Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square
(PLS).
Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa media sosial tidak memiliki
pengaruh langsung terhadap kinerja UKM. Dalam hal ini, pemanfaatkan media
sosial untuk proses evaluasi produk tidak dijalankan oleh UKM yang ada di
Jabodetabek. Disisi lain, media sosial mampu untuk meningkatkan kinerja melalui
proses mediasi penciptaan pengetahuan dan inovasi. Media sosial mampu
menjadi tempat bagi ketersediaan penciptaan pengetahuan yang diperlukan bagi
UKM di Jabodetabek untuk mampu menghasilkan inovasi bagi produk mereka.
Collections
- MT - Economic and Management [2892]