Strategi Pengembangan Bisnis di Kelompok Ternak Sapi Perah Mandiri Sejahtera Kabupaten Bogor.
View/ Open
Date
2019Author
Munirul, Rizky Maulana
Komala, Iyep
Cyrilla, Lucia
Metadata
Show full item recordAbstract
Permintaan susu sapi domestik sebesar 79.93% dipasok dari susu impor,
sementara produksi susu sapi domestik hanya mampu menyumbang 20.07%.
Peternakan sapi perah di Indonesia masih didominasi oleh peternak rakyat sebesar
90%. Salah satu kelompok ternak sapi perah di Kabupaten Bogor adalah Mandiri
Sejahtera. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal,
merumuskan strategi alternatif dan menentukan prioritas strategi untuk
mengembangkan bisnis di kelompok ternak sapi perah Mandiri Sejahtera
Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi
pengumpulan data, analisis deskriptif, analisis matriks IFE dan EFE, analisis
matriks IE, dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan kelompok ternak
Mandiri Sejahtera memiliki strategi alternatif tumbuhkan dan kembangkan dengan
6 strategi. Strategi prioritas utama yang dapat diimplementasikan adalah melakukan
penetrasi pasar melalui promosi secara berkala dan kerjasama dengan dinas.