Analisis Kepuasan Pelanggan KOI Cafe di Kota Bogor.
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman membuat adanya perubahan gaya
hidup masyarakat, yang mana gaya hidup merupakan aktivitas manusia dalam hal
bagaimana mereka menghabiskan waktunya di luar rumah. Gaya hidup dengan
aktivitas yang padat mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk pada
konsumsi makanan dan minuman. Dimana masyarakat saat ini lebih menyukai hal
yang praktis, cepat dan instan. Banyaknya usaha yang sangat kreatif menawarkan
berbagai jenis produk makanan dan minuman modern. Salah satunya adalah usaha
bubble drink yang mana merupakan usaha yang sedang berkembang dan populer
saat ini. KOI Cafe merupakan bubble drink yang ada di Kota Bogor, tepatnya
berlokasi di Mall Botani Square. Pada penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan karakteristik pelanggan, mendeskripsikan proses pengambilan
keputusan pembelian, merumuskan perbaikan atribut serta mengukur tingkat
kepuasan pelanggan KOI Cafe yang dilakukan dengan menggunakan analisis
deskriptif, analisis korelasi Rank Spearman, analisis kepentingan dan kinerja
(IPA), dan indeks kepuasan pelanggan (CSI). Berdasarkan hasil dari IPA, kinerja
atribut yang perlu diperbaiki antara lain atribut kesesuain harga dengan kualitas
dan atribut pengetahuan pramusaji dalam penyampaian informasi mengenai menu
yang ditawarkan. Akan tetapi, secara keseluruhan pelanggan sudah merasa sangat
puas dengan kinerja dari KOI Cafe tersebut, dengan tingkat kepuasan sebesar 81
persen.
Collections
- UT - Agribusiness [4624]