Kepuasan Pelanggan Kopi Kenalan di Kota Bogor
Abstract
Kopi Kenalan adalah salah satu coffee shop di Kota Bogor yang menawarkan
menu andalannya yaitu kopi Kenalan. Selain menu andalannya, Kopi Kenalan
mengusung tema vintage yang mampu menarik perhatian pelanggannya. Saat ini
coffee shop semakin ramai sehingga persaingan pada bidang usaha coffee shop pun
semakin meningkat. setiap coffee shop berusaha untuk memberikan kepuasan
maksimal terhadap pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
karakteristik pelanggan, keputusan pembelian, hingga kepuasan pelanggan dan
perbaikan kinerja atribut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif,
Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performances Analysis (IPA).
Responden dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode non probability
sampling dengan teknik convenience sampling. Berdasarkan hasil perhitungan CSI
diperoleh tingkat kepuasan pelanggan terhadap Kopi Kenalan adalah sebesar 72.6
persen yang menunjukkan sebagian besar pelanggan merasa puas terhadap kinerja
yang diberikan oleh Kopi Kenalan. Dengan menggunakan metode IPA diketahui
bahwa atribut yang paling penting untuk diperbaiki oleh Kopi Kenalan adalah
kebersihan toilet dan tempat ibadah (musala).
Collections
- UT - Agribusiness [4624]