Analisis Potensi Ekspor Pakaian Jadi Laki- Laki Indonesia ke Pasar Non-Tradisional kawasan Amerika Latin
Abstract
Pakaian jadi laki-laki merupakan komoditas utama ekspor Indonesia. Salah
satu kawasan yang memiliki potensi untuk dijadikan tujuan ekspor adalah
Amerika Latin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi ekspor
pakaian jadi laki-laki Indonesia di kawasan Amerika Latin. Metode analisis yang
digunakan yaitu RCA, EPD, Model-X, dan regresi data panel. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ke tujuh negara yang diteliti memiliki daya saing yang kuat.
Berdasarakan hasil EPD menunjukkan negara Brazil, Chile, Colombia, dan
Paraguay berada pada posisi Rising Star, sementara Peru dan Uruguay berada
pada posisi Lost Opportunity, dan Panama berada pada posisi Retreat. Hasil
Model-X menunjukkan pakaian jadi laki-laki Indonesia berada pada posisi
optimis di Brazil, Chile, Colombia, dan Paraguay, potensial di Peru dan Uruguay,
dan kurang potensial di Panama. Regresi data panel menunjukkan bahwa variabel
yang signifikan memengaruhi ekspor pakaian jadi Laki-Laki Indonesia adalah
pertumbuhan GDP Riil Indonesia, harga ekspor, jarak ekonomi, dan nilai tukar riil.