Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Beras dalam Kemasan (Survei pada Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Bogor)
View/ Open
Date
2019Author
Salsabila, Qorina Alfrida Fajriah
Kusnadi, Nunung
Metadata
Show full item recordAbstract
Biasanya, beras dijual di pasar tradisional dalam bentuk beras curah. Namun, cara menjual beras telah berubah dalam beberapa dekade terakhir. Produsen beras menjual beras dalam kemasan, terutama di pasar modern. Beras dalam kemasan adalah beras non curah yang dikemas dan diberi label yang berisi keterangan merek, jenis, tanggal kedaluarsa, berat bersih, dan lain-lain. Menjual beras dalam kemasan merupakan upaya produsen beras untuk meningkatkan keuntungan. Respon konsumen beras dalam kemasan pada situasi ini sangat menarik untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, atribut yang dianggap penting, serta kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap beras dalam kemasan. Data diperoleh dari 100 responden pembeli beras kemasan di pasar modern Kota Bogor dengan menyiapkan kuesioner menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis secara deskriptif dan diproses menggunakan metode Rank Order, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, dan Customer Loyalty Index. Penelitian ini membedakan konsumen beras dari tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen beras kemasan berasal dari kalangan menengah ke atas dan berpendidikan tinggi. Atribut beras kemasan yang pertama kali dilihat oleh konsumen di setiap tingkat pendidikan dan pendapatan adalah kebersihan dan tanggal kedaluarsa. Tingkat kepuasan meningkat pada konsumen dengan tingkat pendapatan yang lebih tinggi. Tingkat loyalitas konsumen beras dalam kemasan tidak jauh berbeda pada tingkat pendidikan dan pendapatan mereka.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]