Strategi Pemasaran PT. Intidaya Agrolestari (INAGRO) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Abstract
PT. Intidaya Agrolestari (INAGRO) adalah salah satu perusahaan baru dalam
industri wisata agro di Kabupaten Bogor. Perusahaan tersebut belum mampu untuk
memenuhi target kunjungannya. Oleh sebab itu, INAGRO perlu belajar dari
perusahaan yang lebih dahulu ada di industri wisata agro dalam menentukan strategi
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kritis pemasaran
wisata agro serta menganalisis faktor tersebut sehingga memengaruhi kinerja
pemasaran dari perusahaan wisata agro di Kabupaten Bogor guna merumuskan
strategi pemasaran bagi INAGRO. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode benchmarking terhadap pesaingnya yang dianggap sebagai
pemimpin dalam industri wisata agro Kabupaten Bogor. Penelitian ini
menunjukkan bahwa aksesibilitas merupakan faktor yang paling penting dalam
pemasaran wisata agro di Kabupaten Bogor. INAGRO memiliki pelayanan yang
lebih baik dibandingkan para pesaingnya namun INAGRO memiliki harga dan
produk yang kurang bervariasi dibandingkan kedua pesaingnya. Berdasarkan hasil
tersebut, INAGRO sebaiknya membuat suatu strategi yang dapat meningkatkan
kinerja pemasaran melalui faktor-faktor tersebut berdasarkan pada apa yang telah
dilakukan oleh para pesaingnya menggunakan strategi intensif.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]